PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: REZKY INTANI YULISKA, 115060126
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/9398/1/Cover%20dan%20lembar%20pengesahan.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/2/Motto%20dan%20Persembahan.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/4/Abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/5/KATA%20PENGANTAR%20dan%20daftar%20isi.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/6/UCAPAN%20TERIMA%20KASIH.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/7/BAB%20I%2C%20halaman%201.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/8/BAB%20I%2C%20halaman%201%20onli.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/9/bab%201%20halaman%202%20dst.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/10/BAB%20II%2C%20halamam%2020.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/11/BAB%20II%20hal%2021%20dst.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/12/BAB%20III%2C%20halaman%2052.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/13/Bab%20III%2C%20halaman%2053%20dst.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/14/BAB%20IV%2C%20hal%2076.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/15/BAB%20IV%20hal%2077%20dst.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/16/BAB%20V%20halaman%20125.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/17/BAB%20V%20126%20dst.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/18/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/19/Daftar%20pustaka%20part%202.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/20/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://repository.unpas.ac.id/9398/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya sebagian besar siswa belum mencapai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang diharapkan, pembelajaran tidak interaktif, kurangnya sikap percaya diri pada diri siswa, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sementara siswa masih pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penggunaan model pembelajaran PBL, untuk mengimplementasikan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tematik, untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran PBL, untuk meningkatkan aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran dengan model PBL, dan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Model pembelajaran PBL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah, tetapi untuk menyelesaikan masalah itu siswa memerlukan pengetahuan baru untuk menyelesaikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Asmi sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I persentase hasil belajar siswa adalah 63,89% mencapai KKM dan persentase penilaian sikap percaya diri siswa 83,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa adalah 88,89% mencapai KKM dan persentase penilaian sikap percaya diri 96,67%. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN Asmi Bandung. Demikian pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa