Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri – ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Dikelas III SDN Taruna Karya 3 Cibiru Kota Bandung bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran penerapan model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPA pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Hal ini ditandai nilai siswa yang belum memenuhi KKM 70 yaitu sebesar 61%. Padahal target yang diharapkan 100, hal itu disebabkan oleh bebrapa faktor salah satunya yaitu cara guru melaksanakan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model Snowball Throwing pada pada pembelajaran IPA tentang ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat siswa sangat senang dalam bekerja dalam kelompok dan aktif demikian pula perolehan nilai siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan mengalami peningkatan. Pada siklus pertama tindakan kesatu siswa yang mencapai KKM sebesar 34%. Pada siklus pertama tindakan kedua sebesar 60%. Dan pada siklus Kedua tindakan kesatu siswa yang mencapai KKM sebesar 77%. Dan pada tindakan keduanya siswa yang mencapai KKM sebesar menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Beberapa saran yang hendak disampaikan anatara lain: (1) guru diharapkan dapat menggunakan penerapan model Snowball Throwing pada hasil beelajar siswa. (2) guru perlu mengkaji model pembelajaran menggunakan penerapan model Snowball Throwing tersebut dan merencanakan persiapan – persiapan dengan teliti, serta menyesuaikan dengan kondisi siswa atau pun kondisi kelas. Kata Kunci : Penerapan model Snowball Throwing, Hasil Belajar dan Mata Pelajaran IPA