Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan pemahaman konsep yang dimiliki siswa baik berupa aktivitas maupun hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan, baik sebelum maupun sesudah penggunaan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata pembelajaran IPA yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan pemahaman konsep siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dilaksanakan di kelas IV SDN Soka 34 dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi aktivitas siswa dan guru, dokumen guru, tes, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep yang dimiliki siswa bisa dilihat dari hasil belajar, aktivitas siswa, aktivitas guru, dokumen guru, dan angket respon siswa. Pada siklus I hasil pemahaman konsep serta posttest SISWA yang mencapai KKM yaitu 20,83%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh siswa yang mencapai KKM sebesar 91,6%. Itu artinya penerapan model Discovery Learning ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Serta hasil aktivitas siswa, dan respon siwa menunjukkan kategori yang baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran penemuan dapat meningkatkan pemahmaan siswa terhadap konsep dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan model pembelajaran pada materi yang lain dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa lebih lanjut. Kata Kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar.