Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam Wilayah Indonesia”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa sehingga masih ada siswa yang belum tuntas mencapai KKM. Di dalam penelitian ini menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase rata-rata sikap percaya diri siswa mencapai 63,88% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 86,4% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori baik sekali. Hasil Belajar siswa yang tuntas mencapai KKM pada siklus I sebanyak 19 siswa atau sebesar 52,87% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 17 siswa atau sebesar 47,22%. Pada siklus II semua siswa telah tuntas mencapai KKM atau sebesar 100% dari 36 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN Muararajeun pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam wilayah Indonesia. Kata Kunci : Project Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar