PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini dikarenakan peranan guru dalam pembelajaran masih dominan, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensiaonal. Akibatnya siswa menjadi pasif, selain itu memang siswanya yang tidak memperhatikan guru, masih bergurau ketika pembelajaran, becanda dengan teman ketika guru sedang menjelaskan. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dengan mengunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan peneltian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Cibitung 1 dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami sebuah peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 40,00% sedangkan siklus II sebesar 85,00% artinya terdapat adanya suatu peningkatan kualitas hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA tentang perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dapat meningkat hasil belajar siswa. kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN Cibitung 1 terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa.