Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan di kelas IV SDN Inpres Biru diperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat oprasi hitung sangat rendah. Rendahnya hasil belajar matematika salah satu penyebabnya antara lain daya tarik siswa terhadap mata pelajaran matematika masih kurang. Peneliti berasumsi dengan metode problem based learning siswa akan terpacu dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggnakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada agustus 2015 dengan 2 siklus dengan masing- masing silkus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Inpres Biru Kab.Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, soal tes/evaluasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat oprasi hitung. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan hasil tes formatif siswa dan kualitatif dari hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning pada pembelajaran sifat-sifat oprasi hitung hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan hendaknya guru dapat menggunakan metode problem based learning salah satu metode altermatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: Matematika, sifat-sifat oprasi hitung, hasil belajar