PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CARA-CARA MAHLUK HIDUP BERDAPTASI DENGAN LINGKUNAGANNYA DI KELAS V SDN TOBLONG 2 MAJALAYA

Main Author: ERLIN BERLINA, 115060335
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/8643/1/JUDUL.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/2/lampiran%2C%20daftar%20isi.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/3/BAB%20I%20.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/5/BAB%20III.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/6/BAB%20IV.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/7/BAB%20V.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/8/Daftar%20Pustaka.docx
http://repository.unpas.ac.id/8643/
Daftar Isi:
  • Penelitian tentang Penerapan Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil dan minat Belajar IPA Kelas V SDN Toblong 2 bertujuan untuk mengetahui penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan hasil dan minat belajar pada materi cara-cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Toblong 2 Kecamatan Majalaya. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Toblong 2 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi, angket dan tes, alat pengumpul data yaitu lembar observasi, soal tes. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil akhir penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada materi cara-cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya pada siswa kelas V SDN Toblong 2 yaitu terlihat nilai tertinggi yang dicapai oleh siswa sebelum pembelajaran adalah 80 pada siklus I meningkat menjadi 90 dan pada siklus II meningkat menjadai 100, sementara nilai terendah sebelum pembelajaran 40, pada siklus I meningkat menjadi 50 dan pada siklus II menjadi 65. Nilai rata-rata yang dicapai sebelum pembelajaran adalah 59.50 pada siklus I meningkat menjadi 67.88 dan pada siklus II meningkat menjadi 75.13. porsentasi ketuntasan siswa pun meningkat dari sebelum pembelajaran sampai siklus II, yaitu sebelum pembelajaran hanya 32.50% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat mnejadi 57.50% siswa yang tuntas pada siklus II meningkatlagi menjadi 92.50%. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN Toblong 2 dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture. Kata Kunci : Minat, Hasil Belajar, dan Picture and Picture