Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA masih sangat rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Keadaan ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensiaonal dan disajikan secara verbal melalui kegiatan ceramah dan textbook oriented. Akibatnya keterlibatan siswa menjadi sangat minim, pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan bagi siswa. Sehingga berdampak pada berpikir kritis dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pernapasan pada manusia dan hewan dengan mengunakan penerapan model pembelajaran think pair share. Tujuan peneltian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cipagalo 01 dengan menggunakan penerapan model pembelajaran think pair share. Metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share mengalami sebuah peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 70,96% sedangkan siklus II sebesar 88,24% artinya terdapat adanya suatu peningkatan kualitas hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada pembelajaran IPA tentang alat pernapasan manusia dan hewan dapat meningkat berpikir kritis dan hasil belajar siswa. kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Cipagalo 1 terbukti efektif dalam meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: penerapan model pembelajaran think pair share, pembelajaran IPA, Alat pernapasan manusia dan hewan, Berpikir kritis, dan Hasil belajar siswa.