PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi pelajaran PKn tentang pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di SDN Mohamad Toha kecamatan Regol kota Bandung. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdapat tiga pertemuan. Nilai sikap disiplin yang diperoleh peserta didik pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 2.9 dan pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 3,5. Itu menandakan bahwa sikap disiplin peserta didik sudah meningkat. Begitu juga pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik terlihat pada tes evaluasi siklus pertama yang mendapatkan nilai rata-rata 77,75. Sedangkan pada tes evaluasi siklus kedua mendapatkan nilai rata-rata 83,33. Itu artinya bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkat dengan baik. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn tentang pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di SDN Mohamad Toha kecamatan Regol kota Bandung pada tahun ajaran 2015-2016. Kata Kunci : Penerapan Model Discovery Learning, Sikap Disiplin, Hasil Belajar