PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: HAS MULYANI, NPM. 138060019
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/8134/1/Abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/8134/2/Daftar%20Pustaka.docx
http://repository.unpas.ac.id/8134/3/Bab%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/8134/4/Bab%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/8134/
Daftar Isi:
  • Pentingnya kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning bagi siswa telah banyak disadari dalam pendidikan matematika. Dengan komunikasi yang baik siswa mampu memahami materi matematik dan dengan self regulated learning siswa mampu mandiri dalam pembelajaran matematika. Namun masih minimnya cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan kkeduanya, menjadi ide dasar dilaksanakannya penelitian ini. Melalui penerapan Problem based learning diharapkan dapat memperkaya strategi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen. Penelitian ini dilakukan di SMP Pasundan 2 Bandung, dengan subjek populasi seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung dan mengambil dua sampel kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung secara random kelas, terambil kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket Self Regulated Learning. Analisis data kuantitatif menggunakan uji ANOVA dua jalur, dilanjutkan dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning peserta didik dengan Kemampuan Awal Matematika (KAM) tinggi, sedang dan rendah yang pembelajarannya dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. Kemudian penelitian ini memberikan gambaran bahwa terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning. Koefisien korelasi antara keduanya adalah 0,643 dengan kriteria sedang Kata kunci: Problem based learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning