PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Main Author: JUSEP SAPUTRA, NPM. 138060048
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/8108/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/
ctrlnum 8108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/8108/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN&#xD; E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA</title><creator>JUSEP SAPUTRA, NPM. 138060048</creator><subject>S2-Thesis</subject><description>Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNPAS Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dampaknya kemandirian belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Pasundan Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas yang mengontrak mata kuliah matematika sekolah III. Kelas A berjumlah 50 orang yaitu 24 orang kelompok unggul dan 26 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan model PBL berbantuan e-learning dan kelas B berjumlah 50 orang, 27 orang kelompok unggul dan 23 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) Kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (3) Terdapat pengaruh positif kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap kemandirian belajar dari kategori KAM mahasiswa, (4) Aktivitas dosen dalam menggunakan model PBL berbantuan e-learning mulai terbiasa dari pertemuan ketiga. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti model PBL berbantuan e-learning rata-ratanya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi baik, dan mahasiswa menjelaskan bahwa model PBL berbantuan e-learning lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.&#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci: Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar mahasiswa.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/8108/1/ABSTRAK.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/8108/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/8108/3/BAB%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/8108/4/BAB%20II.docx</identifier><identifier> JUSEP SAPUTRA, NPM. 138060048 (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS. </identifier><recordID>8108</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author JUSEP SAPUTRA, NPM. 138060048
title PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA
publishDate 2015
topic S2-Thesis
url http://repository.unpas.ac.id/8108/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/8108/
contents Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNPAS Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dampaknya kemandirian belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Pasundan Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas yang mengontrak mata kuliah matematika sekolah III. Kelas A berjumlah 50 orang yaitu 24 orang kelompok unggul dan 26 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan model PBL berbantuan e-learning dan kelas B berjumlah 50 orang, 27 orang kelompok unggul dan 23 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) Kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (3) Terdapat pengaruh positif kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap kemandirian belajar dari kategori KAM mahasiswa, (4) Aktivitas dosen dalam menggunakan model PBL berbantuan e-learning mulai terbiasa dari pertemuan ketiga. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti model PBL berbantuan e-learning rata-ratanya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi baik, dan mahasiswa menjelaskan bahwa model PBL berbantuan e-learning lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar mahasiswa.
id IOS3183.8108
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:37Z
last_indexed 2017-07-10T03:16:58Z
recordtype dc
_version_ 1766044885430829056
score 17.538404