PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MODEL HIBRID

Main Author: Hendra Nugraha, NPM. 138060001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/8103/1/DAFTAR%20PUSTAKAN%20tesis.doc
http://repository.unpas.ac.id/8103/2/Abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/8103/3/BAB%20I%20Tesis.doc
http://repository.unpas.ac.id/8103/4/BAB%20II%20tesis.doc
http://repository.unpas.ac.id/8103/
Daftar Isi:
  • Pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa masih bisa dikatakan kurang baik yang berakibat kepada hasil belajar. Khususnya SMP Negeri 1 Pagaden. Salah satu upaya yang dapat dilakaukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapa. Salah satu metode pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pengajaran adalah metode pembelajaran model Hibrid yang menekankan pada aktifitas dan iteraksi diantara siswa yang saling memotivasi, saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan pembelajaran model Hibrid lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran model konvensional. 2) kualitas peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran model Hibrid. 3) bagaimana sikap dan minat siswa terhadap pembelajaran model Hibrid. Strategi yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan mix method embedded konkuren . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematikadan skala sikap. Dimana populasi penelitiannya di SMP Negeri 1 Pagaden kelas VIII dengan sampelnya yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII B dan VIII E Kata Kunci : Pembelajaran Model Hibrid