IMPLEMENTASI MACROMEDIA FLASH DAN POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Author: FEBRELA NUSVIA, NPM. 138060088
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/8102/1/abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/8102/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/8102/3/BAB%20I%20RENEW%20%28Repaired%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/8102/4/BAB%20II%20Revisii.docx
http://repository.unpas.ac.id/8102/
Daftar Isi:
  • Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal terutama soal-soal pemecahan masalah dikarenakan kemampuan dan keterampilan dalam memecahkan masalah,untuk memahami suatu masalah biasanya digunakan suatu gambar atau model yang merepresentasikan masalah tersebut sehingga siswa dapat lebih menyederhanakan masalah tersebut.. Berdasarkan hasil observasi,ternyata antusiasme siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan TIK cukup baik, jadi apabila sebuah mata pelajaran dirancang kedalam bentuk media interaktif maka diharapakan dapat menambah ketertarikan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menelaah dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan self regulated learning siswa yang menggunakan macromedia flash dan power point; 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan self regulated learning antara siswa yang pembelajarannya menggunakan macromedia flash dan power point dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran ekspositori.Penelitian ini adalah penelitian Mix method dengan desain yang digunakan adalah desain kelas kontrol pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Karawang, dengan sampel siswa kelas X-TGB 2 sebagai kelas eksperimen 1, X- TPL 2 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas X- TIPTL 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan instrumen non tes berupa angket skala sikap dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan macromedia flash lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan Power Point, 2)Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan ekspositori lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan Macromedia Flash,3)Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan ekspositori lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan Powerpoint, 4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan Self Regulated Learning,5)Guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran, khususnya pada penggunaan Macromedia Flash. Namun, mereka berpendapat bahwa penggunaan Macromedia Flash dapat dijadikan media pendamping siswa untuk belajar di rumah, disebabkan tidak semua guru dapat membuat media pebelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash dikarenakan keterbatas pengetahuan yang dimiliki mereka. Kata Kunci: Macromedia Flash, Powerpoint,Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Regulated Learning