PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Main Author: | DIKI NAJIB FUADI, NPM. 138060020 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/8100/1/ABSTRAK.docx http://repository.unpas.ac.id/8100/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://repository.unpas.ac.id/8100/3/BAB%20I%20%26%20II.docx http://repository.unpas.ac.id/8100/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan dampaknya pada kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran masalah. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika deng mengguanakan metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian mix method dan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Mandalawangi, sebanyak dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Insnstrumen tes berupa soal-soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemeecahan masalah matematik siswa dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan kecerdasan emosional (tinggi, dan rendah); 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecerdasan emosinal siswa; 4) Aktivitas siswa meningkat dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, kecerdasan emosional, aktivitas siswa