Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Tilil 2 Bandung Kecamatan Coblong Kota Bandung dengan jumlah siswa 31 orang siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah kurangnya motivasi dan hasil belajar karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa masih rendah yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan cara menerapkan suatu model pembelejaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Peta Lingkungan Setempat. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan atau pembelajaran. Adapun tahapannya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian prestasi belajar siklus I nilai rata-ratanya 64,0, siklus II nilai rata-ratanya 83,2, siklus III nilai rata-ratanya 83,5. Jumlah siswa yang mencapai keberhasilan meningkat setiap siklusnya, dari siklus I sebesar 25,8% atau sebanyak 8 orang siswa, siklus II sebesar 77,4% atau sebanyak 24 orang siswa, dan siklus III sebesar 83,9% atau sebanyak 26 orang siswa. Begitu pula dengan hasil pada motivasi belajar siswa meningkat, pada siklus I pengakuan positif sebesar 60,2%, siklus II pengakuan positif sebesar 66,7%, dan siklus III pengakuan positif sebesar 81%. Sedangkan pada pengakuan negatif siklus I sebesar 65,6%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III sebesar 86%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas IV SDN Tilil 2 Bandung materi peta lingkungan setempat. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Model Student Team Achievement Division (STAD)