PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III PADA MATERI KERJA SAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Maja Selatan VII terhadap pembelajaran IPS pada materi kerja sama yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil pretes menunjukan bahwa siswa yang mencapai nilai KKM hanya 4 orang siswa yaitu 23,5%, sedangkan hasil postes siklus I menunjukan peningkatan bahwa siswa yang mencapai nilai KKM hanya 7 orang siswa 41,1%. Hasil pada postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 16 orang yaitu 94,1%, terjadi peningkatan sebesar 53% dari hasil postes siklus I. Artinya ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Contextual teaching Learning (CTL). Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa juga berperan aktif dalam penggunaan media pembelajaran siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 94,1%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 85%. Kata Kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil Belajar.