UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION
Daftar Isi:
- Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama dan sesudah proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa,yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams-Achievement Division. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, motivasi belajar, dan untuk mengetahui hasil peningkatan hasil belajar siswa tentang proses kegiatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus tindakan. Setiap tindakan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan hasil belajar. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan pretest terlebih dahulu pada siswa. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada siklus I dan II mengalami peningkatan dalam aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun rata-rata nilai siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 72,16, peningkatan yang terjadi pada siklus II sebesar 84,98. Dengan demikian, bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams-Achievement Division mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cibarengkok kec. Cipatat kab. Bandung Barat. Kesimpulannya, penelitian yang dilakukan oleh peneliti sangat baik serta hasil belajar yang diperoleh siswa pun memuaskan dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams-Achievement Divisions pada siswa kelas V SDN Cibarengkok Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Metode Pembelajaran Tipe Student Teams-Achievement Division