PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Ketrahayu Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka dengan jumlah 18 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi siswa yang pasif dalam proses belajar mengajar karena guru sering menggunakan metode ceramah. Sehingga rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang telah ditentukan. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model problem based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes evaluasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan observasi untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan model problem based learning. Pada siklus I rasa ingin tahu siswa berada pada kategori “Kurang” dan meningkat pada siklus II berada pada kategori “Baik”. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77 dan mencapai ketuntasan 66,67%, pada siklus I meningkat menjadi 87,08 dan mencapai ketuntasan 100%. Dengan demikian, model problem based learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ketrahayu dan dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Problem Based Learning, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar