Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning pada subtema komponen ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Halimun Bandung dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap percaya diri dan hasil belajar yang rendah di dalam pembelajaran karena guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sangat minim. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan teknik non tes untuk mengetahui sikap percaya diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik dengan rentang skala penilaian 1–4, pada siklus 1 percaya diri peserta didik memperoleh nilai 2,20, mengalami peningkatan di siklus II menjadi 2,70 dan di siklus III menjadi 3,20. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 1,91, mengalami peningkatan di siklus II menjadi 2,66 dan di siklus III menjadi 3,36. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning pada subtema komponen ekosistem dapat dijadikan sebagai metode alternatif pembelajaran untuk diterapkan di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar