Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN CIRANJANG 01 dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan dilapangan bahwa di SDN CIRANJANG 01 ini nilai rata-rata pada mata pelajajaran IPS masih belum maksimal. Terlihat dari nilai rata-rata umum yaitu peserta didik yang mencapai KKM (60) hanya sebanyak 18 orang atau sebanyak 41,86% dan peserta didik yang belum mencapai KKM (60) sebanyak 25 orang atau sebanyak 58,13 % dari jumlah peserta didik 43 orang. Pada penelitian ini, peneliti mengambil materi Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam dengan penerapan model Snowball Throwing dalam pembelajarannya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN CIRANJANG 01 dengan jumlah peserta didik 43 orang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Adapun instrumen yang dipakai penelitian kali ini adalah lembar kerja peserta didik dan lembar evaluasi hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data berdasarkan hasil tes, lembar instrumen hasil wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar peserta didik menggunakan model Snowball Throwing mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 67,44% dan siklus II sebesar 90,69%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan penerapan model Snowball Throwing pada pembelajaran IPS dalam materi Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Peningkatan hasil belajar, penerapan model Snowball Throwing.