Daftar Isi:
  • Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurang adanya penggunaan media. Sehingga menyebabkan peserta didik kurang termotivasi serta kurang peduli terhadap pembelajaran IPS. Pada akhirnya hasil belajar IPS masih tergolong rendah, karena hasil yang diperoleh berada di bawah batas kriteria ketuntasan belajar minimum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam melalui model picture and picture. Model picture and picture adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dalam operasionalnya, gambar-gambar tersebut dipasangkan satu sama lain atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran picture and picture, Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar. Hasil penilaian RPP siklus I yaitu 3,7 dan pada siklus II 3,9. Persentase ketuntasan motivasi siklus I yaitu 76% sedangkan siklus II mencapai 96%. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 76,25% dan siklus II mencapai 92%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam di kelas IV SDN Balong Kabupaten Bandung. Kata kunci: cooperative learning tipe picture and picture, motivasi, hasil belajar.