PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 KERTAYASA KABUPATEN PANGANDARAN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI FUNGSI ORGAN PERNAFASAN HEWAN

Main Author: IRA HERAWATI, 115060246
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/7026/1/Cover.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/2/Lembar%20Pengesahan%20Skripsi.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/3/Motto%20dan%20Persembahan.doc
http://repository.unpas.ac.id/7026/4/Abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/5/Abstrak%20Translate.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/6/Kata%20Pengantar.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/7/Ucapan%20Terima%20Kasih.doc
http://repository.unpas.ac.id/7026/8/Daftar%20Isi.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/9/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/10/BAB%20I%20LANJUTAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/11/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/12/BAB%20II%20LANJUTAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/13/BAB%20III.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/14/BAB%20III%20LANJUTAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/15/BAB%20IV%20.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/16/BAB%20V.doc
http://repository.unpas.ac.id/7026/17/Bab%20V%20Lanjutan.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/18/Daftar%20Pustaka.docx
http://repository.unpas.ac.id/7026/19/Riwayat%20Hidup.doc
http://repository.unpas.ac.id/7026/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Kertayasa Kabupaten Pangandaran dalam pembelajaran IPA pada materi fungsi organ pernafasan hewan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Kertayasa Kabupaten Pangandaran, dengan jumlah 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I sebesar 71%, siklus II sebesar 76% dan siklus III sebesar 86%. Sementara pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 76%, siklus II sebesar 81% dan siklus III sebesar 85%. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik ditunjukan dari hasil kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil kognitif peserta didik pada siklus I sebesar 45%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 90%. Hasil afektif peserta didik pada siklus I sebesar 41%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 86%. Hasil psikomotor peserta didik pada siklus I sebesar 45%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 95%. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan, pada siklus I mencapai persentase kelas sebesar 41%, siklus II sebesar 73% dan siklus III sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Kertayasa Kabupaten Pangandaran dalam pembelajaran IPA pada materi fungsi organ pernafasan hewan, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA dan dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan model problem based learning karena dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA dan Fungsi Organ Pernafasan Hewan