PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas VI dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat serta hasil belajar siswa tidak sesuai apa yang telah ditentukan. Selain dari itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya profesional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang memperhatikan keseluruhan siswa dan tanpa menggunakan media, metode mengajar guru masih menggunakan cara lama yaitu ceramah saja, kurangnya guru dalam mengasah siswa dalam melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan teacher center (pembelajaran berpusat pada guru atau guru aktif). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan model Discovery Learning. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus atau tindakan, dari setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang diharapkan. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri yaitu pada siklus I 48% dan siklus II 89%. Sedangkan untuk tes pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 48% dan siklus II 86%. Selain itu, untuk penilaian RPP diperoleh data yang menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I 92% dan siklus II 95%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 88% dan siklus II 94%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menggunakan model Discovery Learning pada mata Pelajaran PKn materi tentang Nilai-Nilai Pancasila dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil persentase diatas penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah-masalah pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar.