PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA MATA PELAJARAN IPA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini dikarenakan peranan guru dalam pembelajaran masih dominan, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensiaonal. Akibatnya siswa menjadi pasif, selain itu memang siswanya yang tidak memperhatikan guru, masih bergurau ketika pembelajaran, becanda dengan teman ketika guru sedang menjelaskan. Sehingga berdampak pada aktivitas siswa yang pasif dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dengan mengunakan penerapan metode demonstrasi. Tujuan peneltian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Linggar 1 dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi. Metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 46,15% sedangkan siklus II sebesar 88,46% artinya terdapat adanya suatu peningkatan kualitas hasil pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya dapat meningkat aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Linggar 1 meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode demonstrasi, , aktivitas siswa, dan Hasil belajar.