Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Teliti Pada Pembelajaran Tematik, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga mengakibatkan rendahnya kemapuan siswa, hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau model ceramah saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata skala sikap pada siklus I yaitu 2,67 kategori sedang, siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I rata-rata kemampuan siswa mengalami peningkatan dengan hasil 3,33 kategori sangat baik. Hal ini dikarenakan pada tema selalu berhemat energi subtema macam-macam sumber energi pembelajaran 1 dan 2 menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga rasa ingin tahu dan teliti dalam pembelajaran meningkat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based learning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan teliti siswa pada tema selalu berhemat energi subtema macam-macam sumber energi pembelajaran 1 dan 2 di kelas IV SDN Banyuresmi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Problem based Learning, Rasa ingin tahu dan Teliti.