PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: IIT SRI LATIFAH, 115060227
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/6863/1/cover.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/2/lembar%20pengesahan%20skripsi.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/3/motto%20dan%20persembahan.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/4/surat%20pernyataan.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/5/abstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/6/abstrak%20b.inggris.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/7/kata%20pengantar.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/8/ucapan%20terimakasih.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/9/ucapan%20terima%20kasih%202.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/10/DAFTAR%20ISI.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/11/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/12/BAB%20I%20%282%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/13/BAB%20II%20%281%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/14/BAB%20II%20%282%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/15/BAB%20III%20%281%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/16/BAB%20III%20%282%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/17/BAB%20%20IV%20%281%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/18/BAB%20IV%20lanjutan.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/19/BAB%20%20V.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/20/BAB%20%20V%20lanjutan.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/21/DAFTAR%20PUSTAKA%20jd.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/22/daftar%20pustaka%202...docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/23/daftar%20riwayat%20HIDUP.docx
http://repository.unpas.ac.id/6863/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VI D SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung pada materi ciri khusus beberapa jenis hewan dengan menerapkan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas VI D selaku observer. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai guru kelas yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas VI D dan wali kelas berperan sebagai observer. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan pembelajaran. Kriteria keberhasilan ini terbagi dalam dua jenis, yakni keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika pelaksanaan pembelajaran mencapai presentase 85%. Sedangkan keberhasilan hasil jika 85% dari jumlah siswa keseluruhan memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPA materi ciri khusus beberapa jenis hewan dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VI D SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Keberhasilan tersebut ditunjukkan oleh Peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam dua siklus adalah sebagai berikut: sikap percaya diri siswa pada siklus I sebesar 46% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 89%. Dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Discovery Learning siklus II sebesar 93% dari siklus I hanya mencapai 64% dari 28 siswa yang tuntas. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada pembelajaran IPA materi ciri khusus beberapa jenis hewan di kelas VI D SDN Cigondewah I Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Kata kunci : Discovery Learning, Percaya Diri, Materi Ciri Khusus Beberapa jenis hewan.