PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Daftar Isi:
- Sistem pendidikan secara umum dijelaskan dalam tujuan pendidikan IPS yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini dapat dicapai salah satunya melalui pelaksanaan pembelajaran IPS sebab merupakan bagian dari mata pelajaran di sekolah dan sebagai alat yang sangat efektif untuk mengembangkan mutu pendidikan. Kehadiran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri Ciparay 6 masih sangat rendah sehingga perlu ditingkatkan, salah satunya adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi, Peninggalan dan Tokoh Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia, dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan). Metode yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan model dari Kemmis, model ini terdiri dari empat tahapan yaitu, (1) tahap perencanaan tindakan; (2) tahap pelaksana tindakan; (3) tahap observasi; (4) tahap refleksi dan evaluasi. Dengan jumlah siklus sebanyak II siklus, instrumen penelitian berupa tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan) ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakan penelitian. Setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan) terjadi peningkatan nilai rata-rata post test peserta didik kelas V sebesar 70,37% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 87,03%. Berdasarkan hal tersebut, maka dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Aktivitas dan Prestasi belajar.