Daftar Isi:
  • Penelitian ini berisi tentang penggunaan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciparay 6 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung pada pembelajaran IPS tentang Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya. Pembelajaran yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga tidak menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengkuti proses pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran.data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran sikuls I 3.6, pada siklus II 3.9. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I 3.8, siklus II 3.9. Adapun hasil motivasi belajar siklus I 61.22%, siklus II 85,71%. Untuk hasil belajar siswa siklus I 69.38%, siklus II 87.75%. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di kelas IV SDN Ciparay 6 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Kata kunci: Model Problem Based Learning, motivasi dan hasil belajar