PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEBERAGAMAN BUDAYA RUMAH ADAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Main Author: INDRIANI FAUZIYAH, 105060098
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/6500/1/KAFER%202013.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/2/lembar%20Pengesahan.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/3/SURAT%20PERNYATAAN.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/4/abstrak.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/5/ABSTRAK%20INGG%20SEMUA.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/6/KATA%20PENGANTAR.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/7/UCAPAN%20TERIMA%20KASIH.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/8/DAFTAR%20ISI.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/9/BAB%20I%20%28hal%201%29.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/10/BAB%20II%20%28hal%2012%29.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/11/BAB%20II.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/12/BAB%20III%20%2C.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/13/BAB%20III%20%28hal%2043%29.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/14/BAB%20IV%20%28%20hal%2067%29.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/15/BAB%20IV%20new.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/16/BAB%20V%20%28hal%20127%29.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/17/BAB%20V.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/18/DAFTAR%20PUSTAKA%20BAB%20I%2C%20II%2C%20III.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/19/RIWAYAT%20HIDUP.doc
http://repository.unpas.ac.id/6500/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keberagaman Budaya Rumah Adat Pada Pembelajaran Tematik” di kelas IV SDN Legok Jambu, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi keberagaman budaya rumah adat yang dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik yang sebagian besar tidak mencapai nilai KKM. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada prasiklus peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 13 orang atau 46,43% dari 28 peserta didik dan yang memperoleh nilai belum tuntas mencapai KKM berjumlah 15 orang atau 53,57% dari 28 peserta didik. Setelah dilakukan tindakan pada tindakan I siklus I peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 18 orang atau 64,28% dari 28 peserta didik dan yang memperoleh nilai belum tuntas mencapai KKM berjumlah 10 orang atau 35,28% dari 28 peserta didik. Pada tindakan II siklus I peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 24 orang atau 85,71% dari 28 peserta didik dan yang memperoleh nilai belum tuntas mencapai KKM berjumlah 4 orang atau 14,28% dari 28 peserta didik. Pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 28 orang atau 100% dari 28 peserta didik. Hal ini dikarenakan penggunaan model discovery learning sangat mempengaruhi pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep keberagaman budaya rumah adat terbukti berhasil dari nilai hasil belajar peserta didik setiap siklus. Kata Kunci: Model Discovery learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar.