Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan tema peduli terhadap mahluk hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku pembelajaran 3 di kelas IV SDN Manangga dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya partisifasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsungyang berimbas kepada prestasi hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan lembar aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan tes berbentuk pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang dimulai dari siklus I sampai siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Discovery Learning sangat rendah atau hanya 4 orang siswa yang mencapai KKM yaitu hanya sebesar 22,2%, dari jumlah siswa seluruhnya 20 orang. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan. Siswa yang mencapai KKM berjumlah 19 orang atau 90% melebihi target yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu 85%. Terjadi peningkatan sebesar 67,8% dari jumlah keseluruhan siswa. Itu artinya penggunaan model pembelajaran Discovery Learning ini sangat efektif digunakan pada tema peduli terhadap mahluk hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku khususnya pembelajaran 3. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, prestasi belajar, dan hasil belajar.