PENGARUH PENAGIHAN PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MENURUT PERSEPSI ACCOUNT REPRESENTATIVE ( Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying )
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penagihan pajak, kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif verivikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian account representative pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying yang berjumlah 23. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa penagihan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa penagihan pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Besarnya pengaruh penagihan pajak dan kualitas pelayanan yaitu sebesar 67,6% terhadap kepatuhan wajib pajak, dan sisanya sebesar 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti sistem administrasi perpajakan, pengetahuan pajak, penegakan hukum perpajakan, pemeriksaan pajak dan tarif pajak. Kata kunci: penagihan pajak, kualitas pelayanan dan kepatuhan wajib pajak