Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Prosedur Penjualan dan Manfaat Anggaran Penjualan terhadap Efektivitas Penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu bagian-bagian yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan penjualan yaitu divisi kompartemen pemasaran. Pengambilan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diteliti sebanyak 28 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan metode analisis korelasi, analisis regresi, analisis koefisien determinasi, uji f dan uji t yang dilakukan menggunakan software SPSS 22 for windows. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa prosedur penjualan tidak berpengaruh terhadap efektivitas penjualan sedangkan manfaat anggaran penjualan berpengaruh terhadap efektivitas penjualan sebesar 22% dan sisanya sebesar 78% ditentukan oleh variabel lainnya. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa prosedur penjualan dan manfaat anggaran penjualan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap efektivitas penjualan. Koefisien determinasi menunjukan pengaruh prosedur penjualan dan manfaat anggaran penjualan terhadap efektivitas penjualan sebesar 25,3% dan sisanya 74,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: prosedur penjualan, manfaat anggaran penjualan, efektivitas penjualan