Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mengidentifikasiadalahsuatu proses mengurutkanataumenjabarkaninformasidalamparagrafmaupunbentuktulisan lain. Metodedirected reading thinking activity (DRTA) adalahsuatustrategi yang mem-fokuskanketerlibatansiswadalammemprediksidanmembuktikanprediksinyaketikamerekamembacateks. Berdasarkanpenjelasantersebut, penulistertarikuntukmelakukanpenelitiandenganjudul “PembelajaranMengidentifikasiUnsurStrukturTeksEksposisiBerfokuspadaPernyataanPendapat (Tesis) denganMenggunakanMetodeDirected Reading Thinking Activity (DRTA) padaSiswaKelas X SMK Negeri 4 Bandung TahunPelajaran 2015/216”. Rumusanmasalah yang penulisajukanadalah: (1) Apakahpenulismampumelak-sanakanpembalajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) melaluimetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung? (2) Apakahsiswakelas X SMKN 4 Bandung mampumengidentifikasipernyataanpendapatdalamtekseksposisimelaluimetodeDirected Reading-Thinking Activity? (3) EfektifkahmetodeDirected Reading-Thinking Activitydigunakandalampem-belajaranmengidentifikasitekseksposisi yang berfokuspasapernyataanpendapat (tesis) padasiswakelas X SMKN 4 Bandung? Hipotesis yang penulisrumuskanadalahsebagaiberikut. (1) Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activitypadasiswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015. (2) Siswakelas X SMKN 4 Bandung tahunpelajaran 2014-2015 mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodeDirected Reading-Thinking Activity. (3) MetodeDirected Reading-Thinking Activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapatpadasiswakelas X SMKN 4 Bandung. Berdasarkanpengolahan data penelitian yang telahdilakukan, penulismenyim-pulkanhal-halsebagaiberikut. 1. Penulismampumelaksanakanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal inidibuktikandenganhasil yang diperolehpenulisdalampersiapandanpelaksanaanpembelajaranyaitudengannilai3,52dantermasukpadakategoribaiksekali. 2. Siswakelas X SMK Negeri 4 Bandung mampumengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisiberfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (drta). Hal initerbuktidarinilaipretest 0,9dannilai rata-rata posttest 3,2. Sehinggaselisihnilai rata-rata pretest danposttest yaitusebesar2,3. 3. Metodedirected reading thinking activityefektifdigunakandalampembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisipadasiswakelas X. Hal initerbuktidarihasilperhitunganstatistik manual dengandiperolehthitung>ttabelyaitu 4,46> 2,06. Dalamtingkatkepercayaan 95% tarafsignifikan 5% danderajatkebebasan 23. Dengandemikian, penulismenyimpulkanpembelajaranmengidentifikasiunsurstrukturtekseksposisi yang berfokuspadapernyataanpendapat (tesis) denganmenggunakanmetodedirected reading thinking activity (DRTA) berhasildenganbaik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, TeksEksposisi, MetodeDirected Reading