Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup dan Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dengan pelaksanaan penelitian pada kelas IV SDN Pasir Bitung Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang peserta didik memiliki keaktifan belajar yang masih rendah yaitu 50% dari 50 peserta didik masih belum mencapai KKM. Dengan model pembelajatan Teams Games Tournament (TGT) dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif di dalam pembelajaran, memberikan rangsangan untuk berpikir kreatif, dan dapat mudah memahami pembelajaran dengan penyajian materi yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pengambilan data melalui Observasi, Dokumentasi dan Angket. Angket yang digunakan berupa pretest sebelum dilakukannya pembelajaran dan posttest untuk mengambil data keaktifan belajar setelah diberikan perlakuan. Populasi yang digunakan yaitu kelas IV A yang berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan kelas IV B yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas, homogenitas, Linearitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil data dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen nilai signifikansi melalui Uji Regresi Linear Sederhana di dapat t hitung > t tabel (629,908 > 0,444), Sedangkan untuk kelas kontrol didapat hasil signifikansi t hitung > t tabel (224,775 > 0,444). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar Peserta Didik.