PENGUKURAN PENERIMAAN SISTEM INFORMASI DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAYANAN (studi kasus Fakultas Teknik Unpas)
Main Author: | Sali Alas Majapahit, DS |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STMIK Bumigora Mataram
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/47850/1/PDFsam_merge.pdf http://repository.unpas.ac.id/47850/ http://teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- Kesiapan pengguna untuk menerima sistem baru mempunyai pengaruh besar dalam menentukan sukses tidaknya penerapan sistem tersebut. Pada implementasi sebuah sistem informasi perlu dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat penerimaan Sistem Informasi, serta melihat dampaknya bagi individu dan organisasi, yaitu dampak terhadap pengguna, pelanggan, dan organisasi.Penelitian ini dilakukan dengan menetapkan dimensi dan faktor-faktor pengukuran agar dapat menganalisis tingkat penerimaan (acceptance) sistem informasi, dan kemudian mengukur dampaknya bagi kualitas layanan di organisasi. Selanjutnya dilakukan analisis untuk menetapkan dimensi dan faktor-faktor yang relevan mendukung setiap variabel dan indikator dengan data yang didapat dari responden, dan diolah menggunakan Structural Equation Model (SEM).Hasil akhir dari penelitian adalah sebuah model untuk menilai tingkat penerimaan sebuah sistem informasi di suatu organisasi, dan dampaknya terhadap kulitas layanan organisasi, yang dibuat dengan contoh kasus pada Sistem Informasi Terpadu Unpas (SITU). Kata kunci : penerimaan sistem informasi, dampak organisasi, variabel dan indikator, SITU Unpas, SEM