PENGARUH KOMPETENSI GURU, BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI SISWA LULUSAN MADRASAH ALIYAH DI WILAYAH KOTA SE-PROVINSI RIAU
Main Author: | Edi Haryono, NPM : 139010075 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/47402/1/Edi%20Haryono_DIM%20copy.docx http://repository.unpas.ac.id/47402/ |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis deskripsi dan pengaruh kompetensi guru, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru serta implikasinya pada kompetensi lulusan MA Kota di Provinsi Riau. Penelitian menggunakan metode descriptive dan explanatory survey sehingga penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan menguji hipotesis untuk mendapatkan kesimpulan dan saran.Penelitian dilakukan pada MA Kota di Provinsi Riau, dengan sampel penelitian sebanyak 206 responden yang diwakili oleh guru dari jumlah populasi sebanyak 442. Data penelitian diperoleh dari kuesioner 5 poin skala ordinal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada analisis deskriptif: Kompetensi guru Madrasah Aliyah di kota di provinsi Riau berada pada kriteria cukup baik menuju baik 3,40. Budaya organisasi sekolah berada pada kriteria cukup baik menuju baik 3,58. Lingkungan sekolah berada pada kriteria cukup baik menuju baik 3,40. Kinerja guru berada pada kriteria cukup baik menuju baik 3,54. Kompetensi lulusan berada pada kriteria cukup baik menuju baik 3,72. Hasil analisis verifikatif menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru terhadap kinerja guru MA Kota di Provinsi Riau sebesar 5,40%, adanya pengaruh yang signifikan dari pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah (MA) Kota di Provinsi Riau sebesar 30,7%, adanya pengaruh yang signifikan dari lingkungan sekolah terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah (MA) Kota di Provinsi Riau sebesar 56,0%, adanya pengaruh kompetensi guru, budaya organisasi dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MA Kota di Provinsi Riau. Adapun besarnya pengaruh secara bersama-sama dari variabel X1, X2, X3 terhadap Y sebesar 65,9%, adanya pengaruh yang signifikan dari kinerja guru (Y) terhadap kompetensi lulusan (Z), adapun besarnya pengaruh variabel Y terhadap variabel Z sebesar 79,8%. Kata kunci: Kompetensi guru, budaya organisasi, lingkungan sekolah, kinerja guru, kompetensi lulusan