PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 23 BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah konsep self regulated learning yang diterapkan dan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui adakah pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (survey) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 23 Bandung Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 143 siswa dan sampel yang digunakan adalah 105 siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan konsep self regulated learning memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menerapkan konsep self regulated learning dalam proses pembelajaran. Selain itu, berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh melalui uji Wilcoxon menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,016 yang artinya lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh self regulated learning (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 23 Bandung Tahun Ajaran 2019/2020” sebesar 23% dan sebagian lainnya sebesar 77% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Hasil Belajar