PENGARUH.KOMPETENSI.SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMAN 16 BANDUNG TAHUN.AJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana implementasi kompentensi sosial guru pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung (ii) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung (iii) adakah pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung, dan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek berjumlah 106 siswa kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0 for Windows. Setelah pengisian angket dilakukan dan dikumpulkan, lalu dilakukan tahap pengolahan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program olah data, hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai : (i) Bagaimana implementasi kompetensi sosial guru kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung sebesar 3,08(70%), (ii) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung sebesar 34,66(69%). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung, dari perhitungan regresi linear sederhana (Y=17,590+0,853X) terdapat nilai sebesar 0,853 yang berarti, jika kompetensi sosial guru meningkat 1 poin menyebabkan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 17,590. Melalui perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,465. Dapat ditafsirkan bahwa pengaruh kompetensi sosial guru sebesar 46,5% terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 54,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: kompetensi sosial guru, motivasi belajar siswa