PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Quasy Experiment Pada Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila di Kelas VIII C dan VIII D MTsN 1 Kabupaten Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Quantum Learning. Permasalahan yang menjadi hambatan dalam penurunan semangat belajar peserta didik adalah kurang adanya motivasi belajar pada peserta didik serta pada kenyataannya beberapa guru masih belum menerapkan metode-metode pembelajaran yang up to date dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment, pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan juga observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan peserta didik di kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Dengan menggunakan analisis guna menguji hipotesis uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dalam model pembelajaran Quantum Learning dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan