Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang kurang menunjukkan motivasinya dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap motivasi, santun, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Bojongloa 2, sebanyak 32 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap motivasi, santun, peduli, tanggung jawab percaya cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 67% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 33%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 91% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 9%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori Baik (B). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar.