PENERAPAN METODE COLLEGE BALL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Quasi Eksperimen, Pada Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila di MTs Negeri 1 Bandung Kelas VIII)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil penggunaan metode College Ball dikelas VIII MTsN 1 Bandung dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Masalah yang menjadi hambatan utama yang dialami peserta didik adalah kuangnya motivasi belajar peserta didik. Pada kenyataannya beberapa guru masih jarang menggunakan metode-metode pembelajaran yang inovatif. Peneletian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, pre-test, post-test, pre-angket dan post –angket. Data yang sudah diperoleh di lapangan dianalisis menggunakan program software SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penelitian College Ball dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII G pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di MTs Negeri 1 Bandung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil angket yang mengalami peningkatan. Pada pre-angket memiliki rata-rata 76.00 sedangkan hasil post-angket 89.20. Motivasi belajar peserta didik meningkat karena hasil rata-rata angket meningkat. Hal tersebut berarti bahwa metode pembelajaran College Ball dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VIII G MTs Negeri 1 Bandung. Kata kunci : Motivasi Belajar, Pendidikan kewarganegaraan, College Ball