PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Siswa Kelas IV SD Neggeri Cipagalo 1 Kabupaten Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi adanya permasalahan dari kurangnya pemahaman siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cipagalo 1 masih di bawah KKM yang telah ditentukan dari pihak sekolah, dikarenakan guru masih menggunakan model konvensional dan juga belum encoba menggunakan model dan metode pembelajaran lainnya sehingga mengakibatkan antusias siswa dalam kegiatan belajar pada tela Selalu Berhemat Energy subtema Energi Alternatif yang berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Kemudian peneliti tertarik menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan model tersebut terhadap pencapaian hasil belajar siswa kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan model tersebut di kelas IV SD Negeri Cipagalo 1 Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan pengambilan data secara purposive sampling. Berdasarkan hasil dari nilai taraf signifikansi uji regresi linear sederhana sederhana di kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar. Berbeda dengan taraf uji regresi linear sederhana pada kelas kontrol yaitu sebesar taraf sig nya adalah 0,303 > 0,05 sehingga metode ekspositori tidak berpengaruh terhadap hasil belaja sehingga dapat ditarik kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh Think Pair Share terhadap hasil belajar kelas IV SD Negeri Cipagalo 1 Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Think Pair Share, Purposive Sampling, Hasil Belajar.