Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Jerukmipis Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang, dikarenakan peserta didik masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model Problem Based Learning. Pengumpulan data menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 23% sampai dengan 87%, dan sikap percaya diri pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 17% menjadi 90%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik.