PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV sekolah dasar, hal tersebut dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasl belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen di sekolah dasar 119 Cijagra di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat Pengaruh model model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar setelah di ujikan menggunakan kemampuan pengujian hipotesis independent sample t test dengan hasil perolehan nilai signifikansi 0,00 > 0,05. 2) Kualitas peningkatan hasil belajar siswa terdapat perbedaan antara yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan ayang tidak menggunakan model PBL. Ini terlihat dari hasil pengujian menggunakan Effect-Size sebesar 0,2 ≤ d < 0,58, sehingga dapat disimpulkan dari model pembelajaran yang telah digunakan memiliki skala keefektifankecil. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil