Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagaman di kelas 1V. Penelitian ini di latarbelakangkangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas IV SDN Mekar Wangi Kabupaten Bandung yang menggambarkan keaktifan siswa kela IV khususnya masih rendah dan guru masih mendominasi pembelajaran sedang sidang pasif dengan tidak terpenuhinya KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kealas dilakukan, didapat bahwa menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus 1 persentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 38.00% sedangkan pada siklus II persentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 76.00.% terjadi peningkatan 25% dan pada siklus III persentase peningkatan keaktifan siswa diperoleh 86,00% terjadi peningkatan sebesar 86,00% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus 1 persentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 68,75% sedangkan pada siklus II persentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 68,75% terjadi peningkatan sebesar 68,75% sedangkan pada siklus III persentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 85,84% sehingga terjadi peningkatan sebesar 85,84% termasuk ke dalam kategori baik. Persentase peningkatan keaktifan dan hasil belajar ini menunjukkan bahwa setiap siklus selalu ada perubahan pada siswa dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagaman di kelas IV SDN Mekar Wangi Kabupaten Bandung. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Keaktifan dan hasil belajar