Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul ”Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Sumber Energi” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Cangri. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang antusias dalam setiap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perencaan dan pelaksanaan yang sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Selain itu, model discovery learning juga dapat meningkatkan sikap disiplin, tanggung jawab, keterampilan mengomunikasikan pada setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh menunjukan pada sikap disiplin siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 72%, dan siklus III 84%. Hasil penilaian pada sikap tanggung jawab pada siklus I sebesar 56%, siklus II 78%, dan siklus III 84%. Selanjutnya penilaian lembar evaluasi siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 78, dan siklus III sebesar 87%. Sedangkan pada keterampilan mengomunikasikan, pada siklus I sebesar 53%, pada siklus II 73%, dan siklus III 81%. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Sumber Energi di Kelas IV SDN Cangri. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar