Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang optimalnya media dan proses pembelajaran serta hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis dalam proses dan hasil belajar siswa pada Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1, 2, dan 3. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas V-E sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan V-F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media grafis dalam pembelajarannya di SDN 077 Sejahtera Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Proses pembelajaran pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional kurang menarik dan pasif dibandingkan kelas eksperimen yang menggunakan media grafis. 2) Hasil rata-rata kelas kontrol lebih rendah daripada kelas eksperimen. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan metode konvensional dengan kelas yang menggunakan media grafis. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media grafis terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Grafis, Proses, Hasil Belajar