PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIP TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas IV SDN 032 Tilil Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Tilil Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Adapun, rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,3 sedangkan pada kelas kontrol 0,2 maka dari itu peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) lebih besar peningkatannya dari pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dari hasil pengujian independent t sample memperoleh hasil sis.(2tailed) sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dengan demikian terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament). Selain itu, pengaruh antara model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar diswa dengan menggunakan uji determinasi dimana hasil R square memperoleh nilai sebesar 0,470 yang kemudian dimasukkan pada rumus dimana hasil koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 47%. Dengan demikian, maka dapat disimplkan bahwa model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata Kunci: hasil belajar, siswa, TGT.