Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa” yang dilator belakangi berdasarkan hasil observasi guru hanya menggunakan gambar yang ada pada buku. Hal tersebut membuat siswa merasa sulit dalam memahami hal -hal yang berkaitan dengan materi yang bersifat real atau asli sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa yang masih kurang. Media tiga dimensi merupakan media yang tepat dalam memahami, membayangkan dan menganalisa. Metode penelitian yang digunakan pada penlitian ini berupa quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data melalui observasi, soal tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pre -test dan post-test untuk mengambil data hasil belajar siswa. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SDN Ciluluk 1 dan 2. Sikap kerjasama siswa dianalisis menggunakan lembar observasi siswa dengan peningkatan sikap kerjasama V (SDN Ciluluk 2) dengan rata -ata 10 orang mendapatkan kriteria akhir sangat baik dan 20 orang kriteria baik. Hasil analisis menunjukan kelas V eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 47,90 dan posttest 74. Kelas kontr ol yaitu pretest 35,17 dan posttest 59,55, maka dapat dikatakan bahwa media tiga dimensi lebih efektif diterapkan dikelas dibandingkan dengan media konvesional Kata kunci: hasil belajar, media tiga dimensi