Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Tiket.com Versi Malu Aku Malu” merupakan sebuah iklan dari Tiket.com yang memberikan tayangan mengenai kemudahan yang diberikan oleh Tiket.com kepada masyarakat bahwa mereka bisa menggunakan berbagai layanan dan jasa dengan banyak promo yang diberikan khususnya program promo pada tanggal merah . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam iklan Tiket.com yang ditayangkan di televisi, pada penelitian inimakna yang diuraikan sesuai dengan konsep semiotika Roland Barthesyaitu denotasi, konotasi dan mitos. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari iklan tersebut, pada penelitian ini juga di tujukan untuk mengetahui bagaimana kontruksi realita social yang ada dalam iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes penelitian kualitatif penelitian yang menjelaskan secara terperici dan detail dengan tulisan naratif. Data dan fakta yang digunakan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif dalam bentuk paragraph. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa iklan tersebut memiliki pemaknaan yang mengarah pada kehidupan berteknologi dimana kita harus peka terhadap teknologi yang ada yang bisa memudahkan kita untuk menggunakan jasa layanan yang kita butuhkan seperti tiket pesawat, tiket kereta, hotel dan penyewaan kendaraan dimana Tiket.com telah menyediakan aplikasi berbasis teknologi yang bisa kita gunkan dimana saja dan kapan saja.